Anda adalah seorang konsultan manajemen, Rizki
Hidayat pemegang saham mayoritas dari kelompok 5 dealer mobil
merangkap bengkel servis yang tidak memberikan kinerja sesuai dengan potensinya Ia
telah meminta Anda untuk menghabiskan beberapa hari di Rizki Mobilku, sebuah dealer yang
tidak memberikan kinerja sesuai dengan potensinya. Anda tidak diperkenankan
“mencari masalah”, sebagai gantinya, tugas Anda adalah menemukan cara-cara
untuk membantu manajemen di dealer tersebut mengambil keuntungan dari
setiap peluang.
Satu hari ketika Anda sedang berbicara dengan
Pramono, manajer penjualan untuk Rizki Mobilku, Anda menyadari bahwa dealer hanya
mempergunakan sistem pemrosesan transaksi ia tidak menyadari potensi dari
informasi yang telah dikumpulkannya untuk pengambilan keputusan manajerial.
Sebagai contoh, Rizki Mobilku mengetahui tanggal pembelian dan pemilik dari
setiap mobil yang dijualnya, tetapi ia tidak pernah menghubungi pemilik mobil
tersebut sehubungan dengan pemeliharaan rutin. Rizki Mobilku tahu bahwa orang yang
membeli sebuah mobil baru biasanya akan menukar mobil tersebut dengan mobil
baru lain 10 tahun kemudian, tetapi dealer tidak menghubungi
pelanggan-pelanggan sebelumnya ini.
Soal
1. Berdasarkan
kasus Rizki Mobilku, jelaskan perbedaan antara data dan informasi. Data apa
yang sebaiknya diproses menjadi informasi di Rizki Mobilku?
2. Apakah saran
anda terhadap kasus Rizki Mobilku untuk mencapai keunggulan kompetitif?
Jawaban:
perbedaan data dan informasi
1. Rizki Hidayat adalah konsultan
manajemen, pemegang saham mayoritas dari kelompok 5 dealer mobil
merangkap bengkel servis yang tidak memberikan kinerja sesuai dengan potensinya
Data yang sebaik nya di proses adalah tanggal transaksi pembelian
dan penjualan mobil di dealer tersebut karna dealer tersebut tidak pernah
pernah menghubungi pemilik mobil tersebut sehubungan dengan pemeliharaan rutin
dan selama 10 tahun dealer tersebut tidak pernah menghubungi pelanggan nya
2.kalau menurut saran saya supaya dealer tersebut
supaya mencapai keunggulan konpetitif bekerjanya harus yang konsisten dalam
melayani konsumen misalkan jika ada yang membeli atau memesan mobil ke dealer
tersebut maka pembeli harus di layani dengan baik dan jika pembeli memesan
mobil dealer tersebut harus memberikan kabar atau kepastian kapan mobil
tersebut akan di kirimkan
fero ridho ardiansyah (34114184)
riechky trisna putra(39114331)
2DB02
No comments :
Post a Comment