Blogroll

Thursday, April 30, 2015

TEORI MOTIVASI

  Pengertian Motivasi

·        Motivasi adalah suatu perubahan energi dalam diri (pribadi) seseorang yang ditandai dengan timbulnya perasaan dan reaksi untuk mencapai tujuan. (Mr. Donald : 1950).
·        Motivasi adalah suatu proses untuk menggiatkan motif-motif menjadi perbuatan / tingkah laku untuk memenuhi kebutuhan dan mencapai tujuan / keadaan dan kesiapan dalam diri individu yang mendorong tingkah lakunya untuk berbuat sesuatu dalam mencapai tujuan. (Drs. Moh. Uzer Usman : 2000)
·        Motivasi adalah kekuatan tersembunyi di dalam diri kita yang mendorong kita untuk berkelakuan dan bertindak dengan cara yang khas (Davies, Ivor K : 1986)
·        Motivasi adalah usaha – usaha untuk menyediakan kondisi – kondisi sehingga anak itu mau melakukan sesuatu (Prof. Drs. Nasution : 1995)

  Motivasi dalam Pembelajaran

          Pentingnya peranan motivasi dalam proses pembelajaran perlu dipahami oleh pendidik agar dapat melakukan berbagai bentuk tindakan atau bantuan kepada siswa. Motivasi dirumuskan sebagai dorongan, baik diakibatkan faktor dari dalam maupun luar siswa, untuk mencapai tujuan tertentu guna memenuhi / memuaskan suatu kebutuhan. Dalam konteks pembelajaran maka kebutuhan tersebut berhubungan dengan kebutuhan untuk pelajaran.
          Peran motivasi dalam proses pembelajaran, motivasi belajar siswa dapat dianalogikan sebagai bahan bakar untuk menggerakkan mesin motivasi belajar yang memadai akan mendorong siswa berperilaku aktif untuk berprestasi dalam kelas, tetapi motivasi yang terlalu kuat justru dapat berpengaruh negatif terhadap kefektifan usaha belajar siswa.
Fungsi motivasi dalam pembelajaran diantaranya :

1.    Mendorong timbulnya tingkah laku atau perbuatan, tanpa motivasi               tidak akan timbul suatu perbuatan misalnya belajar.
2.    Motivasi berfungsi sebagai pengarah, artinya mengarahkan perbuatan         untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
3.    Motivasi berfungsi sebagai penggerak, artinya menggerakkan tingkah         laku seseorang. Besar kecilnya motivasi akan menentukan cepat atau           lambatnya suatu pekerjaan.

Pada garis besarnya motivasi mengandung nilai-nilai dalam pembelajaran sebagai
berikut :

1.    Motivasi menentukan tingkat berhasil atau gagalnya kegiatan belajar           siswa.
2.    Pembelajaran yang bermotivasi pada hakikatnya adalah pembelajaran          yang sesuai dengan kebutuhan, dorongan, motif, minat yang ada pada       diri siswa.
3.    Pembelajaran yang bermotivasi menuntut kreatifitas dan imajinitas             guru untuk berupaya secara sungguh-sungguh mencari cara-cara yang         relevan dan serasi guna membangkitkan dan memeliharan motivasi             belajar siswa.
4.    Berhasil atau gagalnya dalam membangkitkan dan mendayagunakn              motivasi dalam proses pembelajaran berkaitan dengan upaya                             pembinaan disiplin kelas.
5.    Penggunaan asas motivasi merupakan sesuatu yang esensial dalam               proses belajar dan pembelajaran.

Identifikasi motivasi yang ada dalam diri saya yaitu; saya sering mendengar nasehat dari orang tua saya , dan dari perkataan mereka selalu saya buat sebagai acuan / motifasi dalam hidup saya karna saya yakin perkataan orang 2 terdekat saya dapat membuat saya sukses amin.


Referensi : http://tkampus.blogspot.com/2012/04/pengertian-motivasi-dan-teori-teori.html

No comments :

Post a Comment